TOP

Memperbaiki Power Supplay

Kemarin dapat job memperbaiki komputer P4 soket 478 mati total, indikasinya saat di tekan tombol power komputer hidup trus tidak beberapa lama mati, di tekan tmbl powernya mati tapi kalau di lepas listrik PLN di hidupkan lagi, hidup sebentar trus mati lagi. Persebsi saya motherboardnya yang mati, setelah saya ganti motherboard masalah tetap sama. Saya ganti Power Supplaynya langsung komputer menyala dengan normal,
ternyata Power supplaynya bermasalah. Power suplay yang bermasalah tadi ber merk Mentari saya jumper kabel hujau dan hitam menyala normal, saya pasang di Motherboard masalah tetap sama hidup sebentar trus mati, seakan-akan arus di power supplay tidak kuat untuk mengangkat beban. kalau tanpa beban dinyalakan normal. tapi kalau di kasih beban power suplay langsung mati.Kalau langsung di ganti Power Supplay tidak maslah, tapi disini saya akan membahas bagaimana memperbaiki Power suplay dengan indikasi diatas.
  • Pertama Bongkar Power suplay Komputer, lihat apakah ada Elco yang kering / bocor di tandai atasnya menggelembung, kalau ada langsung ganti dengan nilai yang sama atau yang lebih besar(khusus untuk kapasitor Filter regulator). lihat gambar di samping. ternyata saya tidak menemukan ada capasitor yang bocor


  • kemudian saya bongkar semuanya dan  saya menemukan ada kaki kompunen yang tidak tersolder sama sekali di bagian Dioda penyearahnya.kemudian saya solder ulang. lihat gambar yang di lingkari warna merah di bawah ini ;
  • Setelah itu Rakit kembali, jangan lupa cek tegangan masing-masing jalur kabel output dengan multimeter untuk memastikan bahwa tegangan sudah sesuai dengan standar dari Pabrik, Jangan memasang power supplay yang anda perbaiki sebelum memastikan bahwa tegangannya adalah sesuai dengan standar pabrik . gambar di bawah ini adalah tegangan Power Supplay


Setelah OK langsung saya coba ternyanya,,,,jreng Komputer langsung menyala dengan norma. ternyata masalahnya di kaki Dioda penyearah yang tidak disolder, kenapa ini dapat terjadi...Yang jelas Quality Control dari pabrik yang kurang bagus...

0 komentar:

Posting Komentar